Detik-detik Ketika Jurnalis BBC Bisa Telepon Mendadak dari Jubir Taliban

detik-detik-ketika-jurnalis-bbc-dapat-telepon-mendadak-dari-jubir-taliban-1
August 18, 2021 Mark Flores 0 Comments

Suara. com kepala Seorang jurnalis BBC mendapat telepon mendadak dari juru bicara Taliban, Suhail Shaheen. Menyadur New York Post Rabu (28/08), Yalda Hakim segara membelok panggilan ke pengeras suara dan masuk dalam ‘mode wawancara’.

“Oke, kami telah memanggil juru bicara Taliban Shail Shaheen. Tuan Shaheen, bisakah Anda mendengar kami? ” kata jurnalis Australia itu.

Sesudah memastikan bahwa dia mampu mendengarnya, Shaheen langsung mendeklarasikan kemenangan di Kabul dan menjanjikan ‘perdamaian’ di negeri yang dilanda perang tersebut.

“Seharusnya tidak ada kepompongan, kami yakin orang-orang Afghanistan di kota Kabul, kalau harta benda dan kesibukan mereka aman. ”

Baca Serupa: Panglima Militer Inggris Minta Dunia Beri Kesempatan Taliban Berubah

“Tidak akan ada balas dendam pada siapa pun. Kami adalah abdi masyarakat & negara ini, ” katanya.

“Kepemimpinan kami telah menginstruksikan pasukan untuk tetap berada di gerbang Kabul, tidak memasuki kota. Kami padahal menunggu pemindahan kekuasaan secara damai, ” tambah Shaheen.

Meski mengucap kata nyaman, juru bicara itu mengakui tak bisa mengesampingkan eksekusi publik dan hukuman memotong dalam prosesnya.

“Saya tidak bisa mengucapkan sekarang, itu terserah ketua di pengadilan dan peraturan, ” ujarnya yang
juga menegaskan negara tersebut akan kembali ke patokan Syariah Islam yang keterlaluan.

“Para hakim akan ditunjuk sesuai dengan hukum pemerintah masa depan. Tentu selalu, kami menginginkan pemerintahan Agama islam. ”

Baca Juga: Bukan Radikal-Taliban, Tokoh NU: Masalah Utama Kita Manipulasi dan Keadilan

Juru Bicara Taliban Suhail Shaheen. (Foto: AFP)

Semasa wawancara berlangsung, Yalda Ketua dapat mengatasinya secara cantik dan profesional. Rekan-rekannya memujinya atas kinerjanya.

“Belum pernah menyaksikan sesuatu seperti yang terjadi di studio pagi ini, mengarahkan mikrofon tamu kami ke ponsel @BBCYaldaHakim sendiri saat juru cakap Taliban membunyikannya di pusat juggling wawancara langsung lainnya, ” kata manajer lantai TV @swimmersjackson di Twitter.

“Waktu adalah segalanya, tidak ada pengaturan ulang untuk ini, ” tambahnya.

Dia juga dipuji oleh penyiar Aasmah Mir. “Wawancara BBC Taliban itu benar-benar mengejutkan. Semua 32 menit itu. Yalda Hakim adalah master mutlak. ”