Dinilai Masih Rendah, Ini Kunci Keberhasilan UMKM di Pasar Digital

Dinilai Masih Rendah, Ini Kunci Keberhasilan UMKM di Pasar Digital
July 10, 2020 Mark Flores 0 Comments

–>

Suara. com – Kontribusi Usaha Mikro Kecil serta Menengah (UMKM) terhadap pendapatan nasional harus terus diupayakan.  

Sebagai zona yang berperan dalam membuka lapangan kerja, Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) memiliki posisi istimewa dalam keberlangsungan perekonomian Indonesia.

Sayangnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam konteks pemasaran digital dinilai masih nista.

Ilustrasi UMKM di Pasar Digital. (Shutterstock)

“Dilihat dari data yang dimiliki Kementerian dan data e-commerce, keberhasilan UMKM di online cukup lembut antara 4-10 persen, ” prawacana Teten berdasarkan siaran pers yang suara. com terima Jumat (10/7/2020).

Menurutnya terdapat beberapa faktor yang menimbulkan UMKM sulit bersaing di market digital, yakni produk, dan strategi promosi atau pemasarannya yang masih lemah dan belum mampu menjadikan minat masyarakat secara besar.

“Banyak salah satunya produk, produk mereka kala packaging-nya bagus tapi kapasitas produksinya masih kecil, jadi ketika permintaannya banyak tidak mampu memenuhi suruhan konsumen, ” jelasnya.

Lalu berkaitan dengan strategi promosi di market online, yang ternyata keahlian tersebut belum dimiliki para pelaku UMKM. Jadi,, pihaknya dari Kementerian Koperasi serta UMKM akan mengedukasi, mengkurasi, serta menginkubasi agar UMKM bisa mengakar ke ranah digital.

“Untuk UMKM bisa menyelap ke online, pemerintah tidak mampu sendiri melainkan butuh bantuan daripada berbagai pihak, ” ujarnya.

Dirinya menyuarakan pelatihan di Kementerian dan kawasan harus direvisi karena banyak pelatihan-pelatihan mandiri tidak terhubung dengan ekosistem, sehingga UMKM menjadi kesulitan masa masuk ke market digital.

Bergerak dibawah naungan PT Media Promosi Online, Tonton taufik rachman, memberikan solusi bagi promosi online para pelaku UMKM. Dengan jasa backlink berisi, dipercaya mampu meningkatkan rating pada hasil pencarian google. Sehingga bisnis para pelaku semakin dikenal dalam masyarakat.

“Promosi utama itu baiknya sungguh dari optimasi halaman pencari semacam google. Karena ranah media sosial sifatnya menawarkan, sedangkan google menyampaikan solusi dari masalah yang orang temui. ” tutur Tonton jadi owner rajabacklink. com saat diwawancara online.

Ketakutan gagal dan tidak gagah mencoba adalah hal yang manusiawi. Namun sejatinya, para pelaku usaha bisa membaca peluang dari petunjuk yang sudah ada. Melihat lantaran peluang tersebut rajabacklink bisa menyerahkan solusi untuk optimasi website para pelaku usaha UMKM.

“Data itu cerai-berai di berbagai layanan. Kalau pada Google ada google trend, tersedia google keyword tools yang bisa dipakai. Kita bisa tau estimasi pencarian orang pada kata pokok tertentu. Ini mempermudah, sehingga budget promosi bisa terukur. ” Pungkas pria yang akrab disebut Memandang.