Hati-Hati, Olahraga Berlebihan Dapat Menyebabkan Kerusakan Ginjal!

Hati-Hati, Olahraga Berlebihan Dapat Menyebabkan Kerusakan Ginjal!
August 17, 2020 Mark Flores 0 Comments

Suara.com – Sejak pemerintah memberlakukan new normal dan PSBB dilonggarkan, beberapa tempat olahraga atau gym di Indonesia pun kembali dibuka.

Ada kemungkinan hal ini membuat beberapa orang ‘balas dendam’ dengan berolahraga secara berlebihan dan agresif.

Salah satu contohnya adalah sebuah kasus di Rumah Sakit Max Super Speciality, Patparganj, Delhi.

Seorang pemuda ingin menebus waktu santai-santainya dengan semangat olahraga yang tinggi selama lebih dari satu jam. Malam harinya, dia mulai menderita kelelahan otot parah, tubuh kaku, nyeri, serta muntah-muntah.

Tiga hari kemudian, dia datang ke rumah sakit dengan nyeri akut di perut, urin berwarna hitam, dan gangguan fungsi ginjal dan hati. Dia didiagnosis menderita rhabdomyolysis.

Ilustrasi olahraga di gym (Foto: shutterstock)

Bahaya kerusakan ginjal

Kondisi ini menyebabkan terjadi kerusakan otot akut yang melepaskan beberapa jenis enzim ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan kerusakan ginjal.

“Enzim mioglobin yang dilepaskan karena cedera otot menyebabkan disfungsi ginjal,” kata Dr Dilip Bhalla, Konsultan Senior, Departemen Transplantasi Ginjal dan Ginjal, Max Super Speciality Hospital, Patparganj, New Delhi.

“Jika tidak terdeteksi pada waktunya, itu dapat menyebabkan penutupan ginjal dan komplikasi yang mengancam jiwa,” lanjutnya. 

Itulah sebabnya kita harus mengetahui batasan tubuh kita sendiri. Jangan berlebihan saat berolahraga.