Kemenkes: Cegah Keparahan Covid-19 Lewat Deteksi Penyakit Tidak Menular

Kemenkes: Cegah Keparahan Covid-19 Lewat Deteksi Penyakit Tidak Menular
October 8, 2020 Mark Flores 0 Comments

–>

Suara. com kepala Mendeteksi dini aib tidak menular menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merupakan salah satu jalan mencegah keparahan dan kematian karena infeksi Covid-19.

Dilansir ANTARA, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan dr. Cut Putri Ariane mengatakan faktor penyakit komorbid menjadi dasar peningkatan meninggalnya penderita COVID-19 yang di antaranya sebab faktor hipertensi, sesak napas karena kelainan paru-paru, asma, TBC, serta diabetes.

“Sehingga pemeriksaan faktor risiko harus menjelma budaya di masyarakat untuk menekan angka penyakit tidak menular, ” kata dia, dalam siaran pers.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, yang terbanyak mengidap keburukan tidak menular adalah ASN, TNI/POLRI.

Sehingga, kata Cut, budaya memeriksa ciri risiko harus dilakukan di perkantoran atau di klinik di zona perkantoran dan dilakukan sejak dini.

Secara melakukan pengukuran rutin setiap bulan setidaknya untuk tekanan darah, gula darah sewaktu dam indeks era tubuh dapat memantau kondisi kesehatan dan bisa menemukan gangguan kesehatan secara dini.

Pemeriksaan kesehatan harus dikerjakan khususnya bagi laki yang mempunyai lingkar perut lebih dari 90 centimeter dan perempuan dengan gelung perut lebih dari 80 centimeter.

Pengukuran juga bisa dilakukan di Posbindu PTM yang ada di setiap daerah.

“Budaya memeriksa faktor risiko harus dilakukan di masyarakat, bisa di Klinik perkantoran atau di Posbindu PTM. Lakukan sebulan sekali, ukur tekanan darah, ukur gula darah sewaktu, ukur indeks masa tubuh, ” kata Cut.

Cut mengatakan bahwa penyakit tidak menular merupakan penyakit jangka panjang yang terjadi akibat model perilaku tidak sehat selama 3 sampai lima tahun sebelumnya, sesuai pola makan yang tidak segar karena mengkonsumsi gula, garam, lemak berlebih, malas bergerak, kurangnya aktifitas fisik.