Kenali Karakter Kepribadiamu: Sangunis, Melankolis, Plegmatis dan Koleris

Kenali Karakter Kepribadiamu: Sangunis, Melankolis, Plegmatis dan Koleris
June 18, 2020 Mark Flores 0 Comments

–>

Suara. com – Pasti pada setiap orang punya karakter atau kepribadian yang berbeda-beda, setiap orang serupa punya karakter yang unik, cakap nggak sih kalau kepribadian bisa dipelajari, karena setiap orang bisa saja memiliki kesamaan antara mulia orang dengan orang lainnya.

Apakah menyelami tentang kepribadian itu penting? Sebenarnya fungsi dari mengetahui karakter kita adalah untuk mengoptimalkan perubahan muncul kearah yang lebih positif. Secara kita mengetahui tipe karakter kita jadi bisa memahami lawan bicara kita agar lebih mudah-mudahan untuk berinteraksi sosial.

Karakter atau kepribadian dibedakan menjadi 4 tipe yang termasuk dalam teori proto-psikologis, yaitu Sangunis (optimis, aktif dan sosial), Melankolis (perfectionis, tenang, dan bijak), Plegmatis (Cinta damai), dan Koleris (kuat dan cepat)

Kira-kira kalian udah tau belum sih karakter ataupun kepribadian kalian termasuk yang mana?

1. Sanguinis

Tipe karakter Sanguinis ini adalah seseorang dengan budi yang cenderung optimis, riang, suka menjadi pusat perhatian. Mereka selalu ingin disenangi oleh orang lain, mereka sangat senang dalam situasi yang gembira seperti pesta atau berkumpul dengan teman-teman.

Mereka cukup memusuhi rasa bosan, selalu punya jalan dan ide untuk mengusir mengecap bosan. Orang Sanguin juga lumrah sebagai orang yang kreatif, perilaku mereka yang mudah gembira sering kali membawa auro pisitif, tetapi karena kepribadian mereka yang kerap mencari kesenangan mereka cenderung berjuang dengan rasa kecanduan atau mau sesuatu yang terus-menerus.

Sangunis adalah orang dengan ekspresif, memiliki rasa antusias yang tinggi dan rasa ingin terang yang cukup tinggi. Mereka benar mudah beradaptasi, bukan tipe orang pendendam, dan mudah berteman secara siapapun.

Di balik kelebihan Sanguinis tetap ada sisi kelemahannya juga, Sangunis kadang sulit untuk mengingat hal-hal yang detail, berbicara terlalu penuh, suka menyela dan menjawab & lebih kekanak-kanakan.

2. Melankolis

Penuh yang bilang kalau si Suram ini adalah karakter yang perfectionis atau sempurna. Mereka cenderung terencana, teratur dan mempertimbangkan segala sesuatu dengan melihat hal-hal kecil.

Melankolis mempunyai sisi yang cenderung emosional, itu cukup rumit dan mendalam selai itu mereka cukup sensitif kepada perasaanya ataupun perasaan orang asing. Suka menganalisis berbagai hal mematok mendalam, tingkat kreatifitas mereka pula cukup tinggi.

Dari sifatnya yang lengkap dan sensitif, mereka cukup diskriminatif dalam berteman, walaupun hanya berperan sebagai latar belakang mereka cukup puas, dibalik itu semua itu sangat setia, menjadi pendengar dengan baik dan selalu punya caraa untuk memecahkan masalah orang lain.

Kelemahan dari si Melankolis adalah tetap mendahulukan kepentingan orang lain diatas kepentingannya sendiri. Mudah merasa tidak puas jika tidak sesuai secara rencananya, pemikirannya yang perfectionis jadi menjadi rumit kadang membuat orang menganggap mereka kurang menarik.

3. Plegmatis

Terkenal dengan karakter yang cinta damai, senang mencari keharmonisan sehingga para Plegmatis juga terkenal dengan kata setia dan penuh iba sayang. Sifatnya membuat mereka kerap menjalin hubungan dengan orang-orang lama, mereka menghindari yang namanya konflik dan selalu berusaha menjadi penyangga untuk mengutamakan perdamaian.

Sosok yang tenang, mudah diatur, suka mengalah, pada setiap kali ia menemui masalah mau dihadapi dengan cara yang mati dan jalan yang damai. Tetapi, orang dengan tipe Plegmatis cukup sulit mengambil keputusan kaarena banyak yang mereka pertimbangan. Sikapnya dengan kalem menjadikan ia sangat mudah-mudahan bergaul dan santai, jarang menunjukkan emosinya.

Kelemahan dari sosok Plegmatis merupakan dengan sikapnya yang tenang dan kalem membuat mereka terkesan tak punya impian karena seperti cairan yang mengalir.

4. Koleris

Macam ini adalah salah atu jenis karakter yang tegas, banyak yang bilang kalau Koleris adalah macam yang cocok menjadi seorang majikan. Suka dengan hal baru bagaikan tantangan, nggak mudah menyerah & mengalah, mereka cukup tegas di dalam menentukan pilihannya.

Orang dengan tipe Koleris memiliki kemauan yang tinggi, mereka suka akan adanya perubahan, secara kemauan semangat mereka yang tinggi dan nggak mau menyerah menyusun sosok Koleris memiliki jiwa dengan bebas dan mandiri.

Pertemanan bagi mereka bertambah intim, karena Koleris termasuk karakter nggak suka pembicaraan yang hanya sekedar omong kosong, mereka suka dengan pembicaraan yang berbobot & bermakna.

Kelemahan sosok Koleris dengan sikapnya yang kuat dan tegas kadang-kadang membuat tipe Koleris sangat ambisius. Keseriusannya bisa melupakan hal yang lebih penting terutama kebahagiaan dirinya.

Setiap orang bisa saja memiliki lebih dari satu karakter, karakter lebih dari memang memiliki kelebihan dan cacat masing-masing. Hal ini juga bisa menjadi pemicu untuk diri kita maju dan mengubah menjadi bertambah baik. Jadi kalian termasuk tipe karakter yang mana?