Mahfud MD Sebut MA Siap Tangani Sengketa Pilkada 2020 Lebih Lekas

Mahfud MD Sebut MA Siap Tangani Sengketa Pilkada 2020 Lebih Lekas
September 8, 2020 Mark Flores 0 Comments

–>

Suara. com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan kalau Mahkamah Agung (MA) bersedia memproses kasus sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 dengan waktu yang lebih sedikit.

Dengan begitu, penyelesaian seluruh kasus sengketa Pilkada tidak ke luar dari jadwal yang sudah ditentukan.

Hal tersebut disampaikan pimpinan MA usai menerima anjangsana Mahfud, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, pada Selasa (8/9/2020).

MA memiliki tugas untuk menyelesaikan sengketa tentang di luar hasil pemilihan. Semisal perkara soal keabsahan persyaratan bahan peserta dan sebagainya.

“Tadi kami semua bertemu dengan Pimpinan MA, sempurna tadi ada Ketua dan Pemangku ketua MA. Kami memastikan mengenai jadwal peradilan, jika ada perkara Pilkada. Karena (jika) terjadi kemunduran waktu Pilkada, maka kemudian kita perlu penyesuaian waktu, ” prawacana Mahfud dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Mahfud menuturkan, Ketua MA Muhammad Syarifuddin menyanggupi jadwal yang sebelumnya sudah disampaikan KPU dan Bawaslu. Sehingga Pilkada akan sesuai dengan periode yang disusun KPU dan dibantu oleh pemerintah.

Menurut Mahfud, untuk melampiaskan tahapan penyelesaian sengketa maka seluruh kebutuhan harus dipersiapkan. Semisal unit peradilan, sarana dan prasarana fisik ataupun jaringan.

Penggunaan waktu yang efektif pula bakal dilakukan oleh Bawaslu.

Ketua Bawaslu, Abhan menuturkan apabila pihaknya memiliki waktu 12 hari di dalam kalender, maka ia memaksimalkan periode tersebut untuk menyelesaikannya.

“Mahkamah Agung serupa akan berupaya demikian, ” perkataan Abhan.