Menteri Suharso Sebut Corona Jadi Wake Up Call Sistem Kesehatan Nasional

Menteri Suharso Sebut Corona Jadi Wake Up Call Sistem Kesehatan Nasional
June 9, 2020 Mark Flores 0 Comments

–>

Bahana. com – Diakui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bahwa pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia merupakan peringatan untuk pemerintah akan sistem kesehatan nasional. Lantaran, menurutnya saat ini, sistem kesehatan nasional tanah air tidak begitu baik.

“Adanya pandemi Covid-19 tersebut seakan-akan menjadi wake up call ataupun panggilan bahwa sistem kesehatan kita ini agak rendah dan kudu ditingkatkan, ” kata Suharso di dalam video teleconference di Jakarta di Selasa (9/6/2020).

Dia lantas mencontohkan perkara ketersedian ruang kamar di panti sakit (RS) yang dirasa masih kurang, hal tersebut terbukti ketika ada wabah penyakit seperti Covid-19 terjadi, sejumlah RS kelimpungan kausa pasien yang membludak.

“RS kita sekarang ini kapasitasnya hanya 1, 3 per 1. 000 padahal pantas dengan anjuran WHO, harusnya dua, 7 per 1. 000 penduduk. Ke depan, kita ingin tersebut bisa terpenuhi, ” katanya.

Tak cuma itu, Indonesia juga kekurangan tenaga medis. Dia menyebut jumlah dokter spesialis sangat rendah sekali. Begitu juga dengan jumlah RS rujukan yang ia nilai masih sangat minim.

“Kemudian rumah sakit rujukan nasional yang saat ini baru 14 juga akan ditingkatkan menjadi 40. Untuk provinsi yang padat penduduk bisa lebih dari satu vila sakit rujukan, ” ujarnya.