PPKM Darurat Diperpanjang hingga Akhir Juli, Anies Belum Dapat Arahan dari Pusat

ppkm-darurat-diperpanjang-hingga-akhir-juli-anies-belum-dapat-arahan-dari-pusat-1
July 18, 2021 Mark Flores 0 Comments

Pandangan. com – Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bakal diperpanjang datang akhir Juli 2021. Tersebut sebelumnya disampaikan Menko Bagian Pembangunan Manusia dan Kultur (PMK), Muhadjir Effendy.

Terkait itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku belum mendapatkan arahan apapun.

Anies pun bersama-sama jajaran di Forum Koneksi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI sudah melakukan rapat pertimbangan di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Minggu (18/7/2021) siang. Berdasarkan aturan dengan sudah ditetapkan, seharusnya PPKM berakhir 20 Juli.

Anies menjelaskan, ketentuan PPKM diatur oleh pemerintah pusat, tidak daerah. Sebab, regulasi ini mencakup lintas Provinsi, bukan hanya Jakarta.

Baca Juga: Daftar Lengkap PJU Jalan di Kota Salatiga yang Bakal Dipadamkan

“Tentang ketentuan PPKM Gawat ini dilakukan lintas Provinsi lintas Kabupaten Kota, ” ujar Anies, di daerah Monas, Minggu (18/7/2021).

Pihaknya di Pemprov DKI cuma menjalankan aturan PPKM gawat yang di komandoi Menteri koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Panjaitan.

Suasana penyekatan PPKM Darurat di Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (15/7/2021). (Suara.com/Arga)
Situasi penyekatan PPKM Darurat pada Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (15/7/2021). (Suara. com/Arga)

“Ini ialah sebuah kesatuan, kita belakang akan melaksanakan sesudah tersedia ketetapan secara nasional, ” kata Anies.

Karena itu, ia mengaku masih menunggu arahan lebih lanjut dari Pemerintah Induk. Jika memang ada mutasi dari aturan yang dijalankan sekarang, maka pihaknya bakal menjalankannya.

“Keputusannya dilakukan bukan per provinsi (atau) bola lampu kabupaten kota, tapi dikerjakan secara nasional. Dan itu kita tunggu keputusannya, ” pungkasnya.

Baca Juga: Heboh Dua Aksi Viral Orang Tajir Bagi-bagi Duwit di Jalanan Jadi Sorotan Warganet

Diberitakan sebelumnya, kebijakan PPKM Darurat bakal diperpanjang. Pemerintah merencanakan kebijaksanaan tersebut akan berlaku tenggat akhir Juli 2021.