PSSI Siap Tanggung Jawab Soal Taksiran Timnas Indonesia U-19

PSSI Siap Tanggung Jawab Soal Taksiran Timnas Indonesia U-19
December 26, 2020 Mark Flores 0 Comments

Suara. com berantakan Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut pihaknya hendak segera melakukan pertemuan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membahas anggaran pemerintah yang dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia U-19.

Seperti diketahui, dana operasional Timnas Indonesia U-19 sejauh ini dibiayai oleh pemerintah yang mendukung persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Namun, FIFA telah mengumumkan penundaan Piala Dunia U-20 2021 ke 2023. Banyak yang beranggapan kalau Timnas Indonesia U-19 saat itu tak lagi bisa memakai taksiran tersebut, termasuk untuk training camp (TC) ke Spanyol.

Pasalnya, pemain-pemain dengan ada saat ini sebagian gembung tak lagi bisa tampil di dalam Piala Dunia U-20 2023. Namun, memang pada perjalanannya tak ada yang menyangka bahwa FIFA hendak menunda event tersebut.

Baca Juga: PSSI: Tiga Pemain Timnas U-19 Berpeluang Tampil di Piala Dunia U-20 2023

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi dan Wasekjen Maaike Ira Puspita saat melakukan Kongres tahunan AFF secara virtual, Selasa (24/11/2020). (dok. PSSI).
Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi dan Wasekjen Maaike Ira Puspita saat mengabulkan Kongres tahunan AFF secara maya, Selasa (24/11/2020). (dok. PSSI).

“Segera kami mau koordinasikan dengan Kemenpora dan bahwa ini uang negara dan awak mewanti-wanti harus sesuai dengan petunjuk yang berlaku, ” kata Yunus Nusi saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Yunus mengaku siap jika memang nantinya PSSI tak lagi bisa menggunakan kekayaan pemerintah. Lelaki yang juga bagian Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu mengaku berterima kasih karena negeri mau membantu Timnas Indonesia U-19 sejauh ini.

“Keberangkatan atau pemakaian keuangan bila memang mengharuskan itu menjelma tanggung jawab PSSI, ya kenapa tak, ” Yunus Nusi menjelaskan.

“Toh tahun sebelumnya juga PSSI yang membiayai semua kegiatan timnas. Dan alhamdulillah tarikh ini dibantu negara dan kita bersyukur dan kalau toh keberangkatan ke Spanyol hari ini dan Januari akan menjadi tanggungan PSSI, kami pun siap” tambahnya.

Para pemain tim nasional U-19 saat akan berangkat menuju Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan (TC), Sabtu (26/12/2020). [Suara.com/Adie Prasetyo]
Para pemain tim nasional U-19 saat akan berangkat menuju Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan (TC), Sabtu (26/12/2020). [Suara.com/Adie Prasetyo]

Sabtu (26/12/2020) Timnas Indonesia U-19 bertolak ke Spanyol untuk TC. David Maulana dan kawan-kawan bakal berada dalam Negeri Matador hingga 31 Januari 2021.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Ditunda, Shin Tae-yong Mungkin Tangkap Alih Timnas U-16

Tak hanya berlatih, skuat asuhan Shin Tae-yong ini juga akan menjalani tes coba. Namun, belum diketahui sapa yang akan menjadi lawan dan berapa kali uji coba dijalani.