Tahu Acuh soal Situasi Afghanistan, Khabib Nurmagomedov Akhirnya Mengambil Maaf

sempat-acuh-soal-situasi-afghanistan-khabib-nurmagomedov-akhirnya-minta-maaf-1
August 24, 2021 Mark Flores 0 Comments

Suara. com – Mantan juara dunia UFC kelas ringan, Khabib Nurmagomedov meminta maaf kepada masyarakat Afghanistan terkait pernyataannya yang seolah tak peduli pada negara yang tengah dalam situasi sulit itu.

Belum lama ini, Khabib memang sempat ditanyai sebab wartawan dalam konferensi pers yang digelarnya di Rusia.

Petarung MMA berusia 32 tahun dengan telah pensiun itu  ditanya mengenai kelompok ekstrimis Taliban yang berhasil menguasai Afghanistan dari pemerintah sebelumnya.

Lebih spesifik, sang wartawan mengamati sikap Khabib yang mengarah pasif ataupun tak ingat setelah mengetahui Afghanistan era ini dikuasi kelompok ekstrimis.

Menyuarakan Juga: Dongeng David de Gea Dikeluarkan dari Ruang Ganti sebab Setel Musik Metal

Ini berbeda dengan sikapnya saat Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengeluarkan pernyataan terpaut insiden pembunuhan setelah munculnya karikatur Nabi Muhammad SAW.

Intinya soal respons atas pertanyaan wartawan tersebut, Khabib dengan santai mengaku tak ingin memikirkan urusan politik yang sedang terjadi di negara lain.

Sementara pada negaranya, Rusia saat ini tengah menghadapi masalah serius terkait dunia olahraga serta problem tersebut lebih maka perhatian Khabib.

Atas sikap tak acuh tersebut, pria muslim berjuluk The Eagle itu mendapat banyak kritik dari netizen, termasuk juga pengikutnya dalam media sosial.

Khabib sendiri kini akhirnya meminta maaf. Ia mengakui bahwa dirinya sejatinya memiliki hubungan benar erat dengan masyarakat Afghanistan, khususnya yang berada di Fremont, California, Amerika Serikat, tempat dia pernah intens melakukan latihan.

Baca Juga: Romelu Lukaku, The New Didier Drogba

“Reaksi saya waktu itu karena tak ingin berkomentar tentang masalah politik, tidak soal warga Afghanistan atau negaranya. Tentu yang hamba terima adalah kritik lantaran penggemar asal Afghanistan, ” ucap Khabib.

“Saya meminta maaf jika komentar saya itu melukai banyak pihak. Saya punya hubungan betul dekat dengan masyarakat Afghanistan. Sejak 2012 ketika beta berlatih di San Jose (California). Tak jauh sejak San Jose ada Fremont, di mana terdapat sekira 150 ribu keluarga asal Afghanistan. ”

“Sebuah tanah air dengan komunitas Afghanistan terbesar di luar negara asalnya. Saya punya hubungan molek dengan mereka. ”

“Saya punya banyak teman depan dari Afghanistan. Ketika menyambut pertanyaan dari wartawan itu, saya pikir semua telah salah paham. Sekali lagi, maksud saya adalah beta tidak ingin mengomentari situasi politik di sana. Aku berharap mereka memaafkan beta jika pernyataan itu menyinggung mereka. ”

“Saya tidak malu untuk meminta maaf kepada mereka, karena siapa pun bisa melakukan kealpaan. Saya hanya tidak ingin mengomentari masalah politik. ”

“Masyarakat Afghanistan telah lama menderita secara apa yang sedang terjadi di sana. Banyak orang juga sudah melihat situasi di sana. ”

“Ini menyakitkan bagi mereka, beta pun mengkhawatirkan mereka. Beta ingin mendoakan yang terbaik untuk mereka. ” nyata Khabib.

[Eko Isdiyanto / Rully Fauzi]