Tim nasional Indonesia U-16 Dijadwalkan TC di Luar Negeri

Tim nasional Indonesia U-16 Dijadwalkan TC di Luar Negeri
September 26, 2020 Mark Flores 0 Comments

–>

Suara. com – Pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengucapkan bahwa skuatnya dijadwalkan akan melakukan pemusatan latihan (TC) di sungguh negeri pada Oktober- November.

“Kami sudah berbicara tentang hal itu dengan PSSI. Namun, terkait tujuan serta akan menghadapi siapa di kian, kami belum mengetahuinya karena status seperti ini (pandemi COVID-19-red), ” ujar Bima dalam konferensi pers daring yang diikuti di Jakarta, Sabtu.

Menurut Bima, TC di luar negeri baik untuk persiapan timnya yang akan berlaga di Piala Asia U-16 dimana Indonesia berada dalam Grup D bersama China, Arab Saudi dan juara bertahan Jepang.

Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti (kedua kanan) memimpin sesi latihan di Lapangan ABC Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019). Latihan tersebut untuk persiapan jelang pertandingan melawan Timnas U-16 Kepulauan Mariana Utara dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 di Stadion Sedang Gelora Bung Karno. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

“Lawan-lawan kami di fase grup memiliki kualitas yang baik dan ancang-ancang bagus. Jadi persiapan kami serupa harus lebih bagus lagi, ” kata Bima menambahkan.

Selain itu, berkecukupan di luar negeri disebut Bima lebih aman dari kemungkinan tertular COVID-19.

“Di sini pertambahan (kasus tentu COVID-19-red) pesat sekali. Kalau awak pindah TC ke luar daerah, walau agak jauh, tetapi lebih ‘safe’, ” kata juru taktik timnas Indonesia di Piala AFF 2018 tersebut.

Sejak pandemi COVID-19, tim nasional U-16 sudah melakukan tiga kali TC yaitu pada Juli, Agustus dan September. Pada Juli & Agustus mereka TC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Namun, karena Stadion Patriot Candrabhaga dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19, timnas Garuda Muda itu menjalani TC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, 20-29 September. Ada 30 pemain yang mengikuti pemfokusan latihan.

Piala Asia U-16 sendiri mau berlangsung di Bahrain, awal 2021. Sejatinya turnamen itu dilaksanakan di tempat yang sama pada 25 November-12 Desember tetapi ditunda sebab AFC karena pandemi COVID-19. (Antara)