Video Call Dengan Guru SMP 7 Padang, Ini Yang Dibicarakan Jokowi

Video Call Dengan Guru SMP 7 Padang, Ini Yang Dibicarakan Jokowi
September 11, 2020 Mark Flores 0 Comments

–>

Pandangan. com – Kepala Joko Widodo berbincang dengan seorang guru dari SMP Negeri 7 Padang, Rika Susi Waty melalaikan panggilan video. Dalam perbincangan, Jokowi menanyakan kepada guru matematika itu mengenai kondisi aktivitas belajar mengajar selama pandemi.

“Kita sudah enam bulan kegiatan belajar anak-anak ini menggunakan cara belajar online sampai saat ini. Bagaimana menurut Ibu? ” tanya Jokowi dalam video yang diunggah di saluran Youtube Sekretariat Pemimpin, Jumat (11/9/2020).

Rika yang juga Wakil Tempat Kesiswaan di sekolah tempatnya menunjuki menjawab, kegiatan belajar mengajar langgeng berjalan. Namun proses pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemi membuatnya kesulitan untuk memantau perkembangan bersekolah anak didiknya secara langsung.

“Kita nggak bisa memantau anak itu mampu atau tidak, karena kita nggak bisa (bertemu) langsung begitu Bungkus, ” ujar Rika.

Jokowi kembali bertanya, apakah seluruh siswa atau orang tuanya memiliki smatphone yang mampu digunakan untuk mendukung pembelajaran secara daring? Rika menjelaskan, bahwa banyak siswa yang tidak memiliki HP untuk mengikuti proses belajar dengan daring. Namun, pihak sekolah menolong solusi dengan memfasilitasi para anak yang tidak memiliki HP bisa menggunakan fasilitas komputer di sekolah.

“Kebetulan kita data betul anaknya, terus kita cek anaknya ke sendi. Memang tidak mampu, jadi kita fasilitasi ke sekolah, Pak. Pakai komputer sekolah, ada beberapa orang, nggak banyak, ” tuturnya.

Rika mengiakan kerap menghubungi para murid meniti panggilan video atau pesan pandangan untuk memotivasi anak didiknya. Dari perbincangannya dengan para siswa, sama mereka ingin segera kembali bersekolah di sekolah.

“Kadang saya video call atau saya kirim pakai voice note. Cuma anak-anak ngomongnya begini, oleh karena itu kangen sekolah semuanya, ” cakap Rika.

Jokowi menyampaikan, belajar tatap depan di sekolah untuk saat tersebut tidak bisa dilakukan mengingat kejadian penyebaran Covid-19 terus meningkat. Tetapi dia meminta sang guru tentu memotivasi anak didiknya agar lestari semangat belajar di tengah pandemi.

“Memang alangkah baiknya kalau tatap membuang, tapi masa pandemi seperti itu memang risikonya kalau nanti budak terpapar Covid ya semuanya menjadi salah. Bu Rika tetap temperamen, tetap semangat. Salam semua untuk anak-anak, ” pungkas Jokowi.