YouTube Buat Pengaturan Khusus untuk Lindungi Anak di Lembah Umur

youtube-buat-pengaturan-khusus-untuk-lindungi-anak-di-bawah-umur-1
August 11, 2021 Mark Flores 0 Comments

Suara. com – YouTube mengumumkan bahan menyesuaikan pengaturan unggahan (upload) untuk pengguna berusia di bawah 18 tahun. Peristiwa ini dilakukan karena Om google kerap mendapatkan kritik terpaut keamanan untuk anak pada bawah umur.

Kebijakan segar ini akan berlaku buat pengguna berusia 13-17 tarikh, di mana pengaturan upload konten akan diatur default ke opsi private. Dengan opsi privat, konten cuma dapat ditonton oleh pengunggah ataupun beberapa pengguna tertentu.

“Kami ingin membantu pengguna muda agar membuat keputusan berdasarkan fakta jejak digital dan menjaga privasi digital mereka, termasuk memberikan pilihan ke mereka apabila mau mengunggah konten, ” kata James Beser, Director of Product YouTube, dikutip dari Variety, Rabu (11/8/2021).

Beser mengatakan YouTube juga akan memberikan keterangan bagi pengguna di kolong umur terkait siapa selalu yang dapat melihat gambar mereka.

Baca Juga: Mulai September, Ponsel Android Lama Tidak Bisa Aktif Google dan YouTube

Platform video milik Om google ini nantinya akan menghapus fitur autoplay (putar otomatis) video bagi pengguna berusia 13-17 tahun. Sementara pada YouTube Kids, platform khusus pengguna berusia 4-12 tarikh, fitur ini juga mau dimatikan.

“Kami ingin memberdayakan orang tua agar mereka dapat memilih pengaturan autoplay yang tepat bagi keluarganya, ” tambah Beser.

Sedangkan untuk kesehatan digital, YouTube bakal mengaktifkan fitur pengingat untuk istirahat dan masa tidur secara bawaan bagi pengguna 13-17 tahun.

Untuk YouTube Kids, aplikasi tidak akan menunjukkan iklan ataupun produk berbayar lain. Selain itu, YouTube juga mulai menghapus konten berbau komersial seperti produk kemasan atau ajakan untuk berbelanja.

Baca Juga: 5 Pro Player dengan Penghasilan YouTube Fantastis, Jess No Limit Nomor satu